English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bakal ada alat kontrasepsi pria berbentuk tablet

Selama ini orang mengenal alat kontrasepsi untuk pria berupa kondom dan vasektomi. BKKBN bekerjasama dengan sejumlah peneliti perguruan tinggi tengah melakukan penelitian untuk menemukan alat kontrasepsi bagi pria yang nantinya kapsul dan tablet.

Pilihan penggunaan alat kontrasepsi berbentuk seperti obat umumnya ini menjadi pilihan bagi pria yang enggan menggunakan alat kontrasepsi dengan cara suntik atau cara lainnya karena dirasakan sakit.

"Nantinya obat alkes bagi pria dengan masa penggunaan selama enam minggu, berbeda dengan perempuan yang bisa mencapai 3 bulan," ungkap dr. Qomaruddin Sukhemi M.Kes, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera dalam temu wartawan dua mingguan di kantor BKKBN Pusat Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Dikatakannya titik kerja alat kontrasepsi bagi kaum Adam ini adalah mengurangi produksi sperma serta membuat tidak kuat sehingga saat bertemu dengan sel telur tidak menyebabkan kehamilan.

Selama ini, alat kontrasepsi bagi pria yang umum adalah menggunakan kondom dan vasektomi. Vasektomi sendiri adalah tindakan memotong saluran sperma yang menghubungkan buah zakar dengan kantong sperma, sehingga tidak dijumpai lagi bibit dalam ejakulat seorang pria; tubektomi tindakan sejenis pada wanita.

Posting Komentar